Selamat Datang!

10 Bank Terbesar Dunia

Sebagai lembaga keuangan, kehadiran sebuah bank dalam era ekonomi bebas dewasa ini dirasa sangat penting. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk dunia, kebutuhan atas layanan finansial seperti tabungan, pembiayaan, dan kemudahan transaksi keuangan memposisikan bank pada garis terdepan untuk menjawab meningkatnya kebutuhan tersebut.

bank-terbesar-di-dunia
Deutsche Bank Twin Tower

Hadirnya sebuah lembaga perbankan yang kokoh memberikan rasa aman kepada para nasabahnya juga bagi aktifitas finansial di negara tempat mereka beroperasi.

Berikut ini Klub Sepuluh merangkum 10 bank dengan aset terbesar di dunia.

10. Bank of America

bank-terbesar-di-dunia

Bank of America Corporation awalnya bernama Bank of Italy yang didirikan oleh Amadeo Giannini pada 1904 di kota San Fransisco untuk memberikan bantuan finansial pada para imigran saat itu sebelum berubah menjadi Bank of America pada tahun 1998.

Pada tahun 2008, bank yang kini berkantor pusat di kota Charlotte, negara bagian North Carolina ini mengakuisisi Merrill Lynch, sebuah lembaga manajemen keuangan besar dengan memiliki lebih dari 15.000 penasehat keuangan.
Pembelian dengan menggunakan saham ini bernilai $50 miliar.
Akuisisi ini memberikan status baru kepada Bank of America sebagai lembaga manajemen keuangan terbesar di dunia.

Bank ini menjadi tempat menabung bagi 12,2% nasabah bank di seluruh Amerika Serikat dan memiliki cakupan operasional di seluruh dunia yang tersebar di lebih dari 40 negara dengan jumlah karyawan yang tercatat sampai tahun 2013 sejumlah 247.943 orang. 

Nilai aset total Bank of America mencapai angka $2,1 Triliun lebih.

9. JPMorgan Chase

bank-terbesar-di-dunia

JPMorgan Chase & Co. terbentuk pada tahun 2000 dengan mergernya 2 perusahaan finansial raksasa yaitu Chase Manhattan Corporation dan J.P. Morgan & Co. Hal ini menjadikan Bank JPMorgan Chase sebagai bank terbesar di Amerika Serikat.

Bank yang berkantor pusat di gedung One Chase Manhattan Plaza Manhattan, New York ini memiliki karyawan sejumlah 255,041 (2013) untuk melayani nasabah mereka yang tersebar di 100 negara.

Dibawah komando CEO sekaligus Presiden perusahaan Jamie Dimon, Bank ini memiliki total aset lebih dari $2.4 triliun.

8. The Royal Bank of Scotland

bank-terbesar-di-dunia

The Royal Bank of Scotland plc yang berdiri sejak 1727 merupakan bagian dari The Royal Bank of Scotland Group plc bersama dengan NatWest and Ulster Bank.

Mereka memiliki lebih dari 700 kantor cabang yang tersebar di Inggris, Irlandia, Skotlandia dan Wales dengan jumlah karyawan sekitar 141,000 orang.

Bank yang berkator pusat di kota Edinburgh, Skotlandia dan dipimpin oleh Ross McEwan sebagai CEO memiliki total aset lebih dari $2.3 triliun.

7. The Barclays Group

bank-terbesar-di-dunia

Bank yang dikenal dunia karena menjadi sposor utama kompetisi Liga Primer Inggris sejak tahun 2001 ini didirikan pada tahun 1690 di London.

Melayani lebih dari 48 juta nasabah di lebih dari 50 negara dengan dukungan karyawan berjumlah 139,900 (2013), bank ini awalnya merupakan bank yang melayani para pengrajin emas di kota London.

Berkantor pusat di One Churchill Place, Canary Wharf, Kota London, bank yang dikomandoi oleh Sir David Walker ini memiliki total aset lebih dari $2.4 triliun.

6. Credit Agricole

bank-terbesar-di-dunia

Crédit Agricole S.A. merupakan group perbankan terbesar di Prancis. Didirikan pada 23 Mei 2000 dan berkantor pusat di kota Paris. 

Layanan yang ditawarkan oleh bank yang telah beroperasi di banyak negara dunia ini mencakup perbankan, manajemen aset dan asuransi.

Bank yang pada tahun 2010 tercatat memiliki karyawan sejumlah 161.280 orang ini memiliki total aset mencapai $2.4 triliun.

5. Mitsubishi UFJ Financial Group

bank-terbesar-di-dunia

Mitsubishi UFJ Financial Group, Inc. merupakan sebuah bank dan perusahaan layanan finansial yang berkantor pusat di kota Tokyo Jepang.

Perusahaan ini berdiri pada 1 Oktober 2005 dari hasil merger 2 perusahaan yaitu Mitsubishi Tokyo Financial Group yang berbasis di Tokyo dan merupakan bank terbesar kedua di Jepang saat itu dengan grup perbankan yang berbasis di Osaka, UFJ Holdings.

Bank yang berada dibawah perusahaan induk Mitsubishi Group ini memiliki jumlah karyawan 80.900 orang yang tercatat pada tahun 2013 dan memiliki total aset senilai $2.4 triliun.

4. Industrial and Commercial Bank of China

bank-terbesar-di-dunia

Industrial and Commercial Bank of China Ltd. (ICBC) didirikan di Beijing pada tahun 1984. Memiliki lebih dari 18.000 outlet termasuk 106 cabang yang tersebar di seluruh dunia.

Pada tahun 2013 bank ini berada pada peringkat 1 dalam daftar 2000 perusahaan publik terbesar versi Forbes dan peringkat 1 pada daftar The Banker's Top 1000 World Banks ranking. Hal ini merupakan pencapaian fantastis dan yang pertama bagi bank asal China.

Dipimpin oleh Jiang Jianqing, bank pelat merah ini memiliki 405,354 orang karyawan pada tahun 2011 dan memiliki total aset senilai $2.4 triliun.

3. BNP Paribas

bank-terbesar-di-dunia

BNP Paribas merupakan bank Perancis yang merupakan hasil merger dari Banque Nationale de Paris (BNP) dan Paribas pada tahun 2000.

Berkantor pusat di Paris dan kantor pusat untuk layanan global di London.

Empat pasar domestik BNP Paribas meliputi Perancis, Italia, Belgia, dan Luxemburg. Bank ini juga memiliki jaringan retail yang signifikan di Amerika Serikat, Polandia, Turki, Ukraina, dan Afrika Utara. Termasuk juga usaha bank investasi bersekala besar di  New York, London, Hong Kong, dan Singapura.

Pada 2011 bank ini tercatat memiliki jumlah karyawan 200.000 orang.

Total aset BNP Paribas bernilai tak kurang dari $2.5 triliun.

2. HSBC

bank-terbesar-di-dunia

Didirikan di Hongkong pada tahun 1865 dengan nama The Hongkong and Shanghai Banking Corporation, sebelum akhirnya pada tahun 1991 berubah menjadi HSBC Holdings plc.

Berkantor pusat di Canary Wharf, London, Inggris, HSBC memiliki tak kurang dari 72.000 kantor cabang yang tersebar di 85 negara di wilayah Afrika, Eropa, Asia, Amerika Utara dan Selatan dengan memiliki sekitar 89 juta nasabah yang dilayani oleh 284,186 karyawan.

Bank yang pertama kali didirikan oleh Thomas Sutherland dan saat ini dipimpin oleh Douglas Flint memiliki total aset lebih dari $2.6 triliun.

1. Deutsche Bank

bank-terbesar-di-dunia

Inilah pemuncak daftar 10 Bank Terbesar Dunia versi Klub Sepuluh.

Deutsche Bank AG adalah perusahaan perbankan dan finansial global yang berkantor pusat di kota Frankfurt, Jerman.

Memiliki lebih dari 100.000 karyawan yang melayani para nasabah yang tersebar di lebih dari 70 negara, Deutsche Bank merupakan dealer penukaran mata uang asing terbesar dengan menguasai 21% pasar dunia.

Deutsche Bank memiliki beberapa kantor pada pusat-pusat finansial utama seperti London, New York, Singapura, Hong Kong, Tokyo, Paris, Moscow, Sydney, Toronto, Istanbul, Madrid, Dublin, Amsterdam, Warsawa, Mumbai, Kuala Lumpur, São Paulo, Dubai, Riyadh, Bangkok, Karachi, Belgrade, Manila dan George Town (Cayman Islands).

Didirikan pada tahun 1870 di kota Berlin, Deutsche Bank kini memiliki total aset senilai $2.8 triliun.

Demikian daftar 10 Bank Terbesar Dunia berdasarkan total aset yang mereka miliki versi Klub Sepuluh.

10 Bank Terbesar Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kunyah

0 comments:

Posting Komentar