Selamat Datang!

10 Fakta Menarik Dibalik Indonesian Idol

Indonesian Idol merupakan reality show pencarian bakat bernyanyi yang telah memasuki season ke-8 sejak pertama kali ditayangkan di stasiun televisi swasta RCTI pada bulan 9 April 2004.

fakta-indonesian-idol


Acara ini merupakan bagian dari franchise Idol yang dluncurkan pertama kali oleh Simon Fuller dengan tajuk Pop Idol di Britania Raya.

Seperti saudaranya yaitu American Idol, reality show Indonesian Idol juga meraup kesuksesan besar dengan meraih rating yang sangat tinggi.

Dibalik gemerlapnya panggung Indonesian Idol, kami coba merangkum 10 fakta menarik tentang ajang yang menelurkan Joy Tobing sebagai idol pertama Indonesia.

10. Gelar Joy Tobing dicabut

fakta-indonesian-idol
Joy Tobing
Cewek kelahiran Jakarta, 20 Maret 1980 ini kehilangan mahkotanya sebagai Indonesian Idol pertama setelah bersengketa dengan pihak manajemen acara pencarian bakat tersebut yaitu Indomugi Pratama dan pihak label rekaman yang menaunginya seteleh keluar sebagai pemenang Indonesian Idol, BMG Indonesia.

Pemilik nama lengkap Joy Destiny Tiurma Tobing ini menganggap bahwa ikatan kontrak yang dibebankan padanya sebagai jawara Indonesian Idol tidak adil dan bersifat melecehkan arti dari seorang Indonesian Idol itu sendiri.

Konsekuensi dari sikapnya itu, Joy harus merelakan segala atribut dan keistimewaan yang didapatnya sebagai seorang Indonesia idol dicabut.
Termasuk kesempatan untuk mewakili Indonesia pada ajang Asian Idol dan World Idol.

Dalam sebuah konferensi pers pada November 2004, pihak Indomugi Pratama, BMG Indonesia, RCTI, dan FremantleMedia yang merupakan pemegang lisensi Indonesian Idol menyatakan bahwa Joy Tobing telah gagal bersikap selayaknya seorang Idol.

Pada Maret 2005, dara yang piawai menyanyikan lagu-lagu gospel ini memutuskan untuk menghentikan kontrak bersama BMG Indonesia dengan alasan bahwa selama ini pihaknya telah diperlakukan secara tidak adil dimana pihak BMG Indonesia yang pada September 2004 merilis albumnya yang bertajuk Terima Kasih tidak pernah melaporkan angka penjualan dan membayarkan royalti padanya.

9. Kontestan Wild Card

fakta-indonesian-idol
Karen Theresia Pooroe
Pada Indonesian Idol season pertama, 30 kontestan dipisahkan dalam 10 kelompok dan setiap minggu tiga kontestan dari masing-masing kelompok dipilih untuk Top 10 atau The Spektakuler Show.

Penonton memilih favorit mereka melalui SMS dan Panggilan Premium.

Setelah 9 kontestan dipilih, ada putaran wild card.

Hanya satu kontestan dari babak Wild Card bisa bergabung dengan 9 kontestan di Spektakuler Show. 

Karen Theresia Pooroe meraih suara terbanyak penonton, maju ke Top 10.

Meskipun acara spektakuler seharusnya memiliki 10 orang kontestan, para juri pada saat itu yang terdiri dari Titi DJ, Meuthia Kasim, Dimas Djayadiningrat dan Indra Lesmana pada menit terakhir bahwa mereka memilih kontestan wild card kedua. Maka terpilihlah Lucky Octavian sebagai kontesta Spektakuler Show kesebelas.

Hanya pada Indonesian Idol season kedua tidak terdapat kontestan yang maju ke Spektakuler Show melalui fasilitas wild card.

8. Presenter Tersingkat


fakta-indonesian-idol
Dewi Sandra
Dewi Sandra menjadi presenter Indonesian Idol dengan masa kerja tersingkat.

Pemilik nama lengkap Dewi Sandra Killick ini hanya tampil mendampingi Daniel Mananta pada season kelima Indonesian Idol.

Dewi yang lahir di Brazil pada 3 April 1980 menggantikan posisi yang ditinggalkan oleh Amelia Natasha yang harus hijrah ke Australia.

Selain Dewi Sandra, Indonesian Idol season 5 ini juga menampilkan satu lagi presenter pendukung yang juga hanya tampil satu season saja yaitu Marissa Nasution.

Indonesian Idol season 5 mulai mengudara di RCTI pada 4 April 2008 dengan kehadiran 3 juri yaitu Indra Lesmana, Titi DJ, dan Anang Hermansyah.

Pada season yang memiliki 8 kota sebagai lokasi audisi yaitu Medan, Manado, Ambon, Bali, Surabaya, Bandung, Palembang, dan Jakarta, untuk pertama kalinya memperkenankan para kontestan tampil sambil memainkan alat musik yang mereka kuasai.

Dan yang keluar sebagai pemenang pada Indonesian Idol season 5 ini adalah Aris Runtuwene.

Sejak season 6 bergulir, Daniel Mananta menjadi satu-satunya presenter Indonesian Idol tanpa didampingi kehadiran presenter lain layaknya season-season sebelumnya.

7. Vakum Karena MasterChef Indonesia


fakta-indonesian-idol
Regina Ivanova
Setelah gelaran Indonesian Idol season 6 yang dimulai pada 5 Maret 2010, acara ini sempat vakum selama 1 tahun.

Vakumnya Indonesian Idol di RCTI disebabkan oleh peluncuran 'MasterChef Indonesia' pada tahun 2011.

Pihak RCTI Fabian Dharmawan ditunjuk untuk menjadi Produser Eksekutif dan pemimpin proyek untuk Indonesian Idol 2012.

Sementara Fremantle Media menunjuk Glenn Sims untuk memberi sentuhan kreatif warna baru pada season ini.

Kerjasama antara Fabian Dharmawan dan Glenn Sims membuat Indonesian Idol season 7 menjadi musim paling sukses dalam sejarah Penayangannya.

Selain Daniel Mananta yang kembali dipercaya sebagai host season ini, Indonesian Idol season 7 menampilkan Anang Hermansyah, Agnes Monica, dan Ahmad Dhani sebagai dewan juri.

Pada final show yang disiarkan tanggal 7 Juli 2012, keluarlah Regina Ivanova sebagai Indonesian Idol.

6. Meraih Banyak Penghargaan


fakta-indonesian-idol
Daniel Mananta
Sebagai tayangan televisi yang sangat digemari pemirsa RCTI, Indonesian Idol telah banyak memenangkan penghargaan paling bergengsi untuk dunia pertelevisian Indonesia yaitu Panasonic Awards.

Berikut ini adalah daftar penghargaan Panasonic Awards yang pernah diraih Indonesian Idol :

- Kategori The Best Program Music/Variety Show tahun 2005.

- Kategori The Best Program Music/Variety Show tahun 2006.

- Kategori The Best Presenter Music/Variety Show atas nama Daniel Mananta tahun 2006.

- Kategori The Best Presenter Talent Show atas nama Daniel Mananta tahun 2013.

Pada pagelaran Panasonic Awards tahun 2011, Indonesian Idol harus mengakui keunggulan acara pesaing mereka yaitu Indonesia's Got Talent yang tayang di stasiun televisi swasta Indosiar.

5. Rumor Indonesian Idol Menggunakan Skenario


fakta-indonesian-idol
Rini Wulandari
Selama berlangsungnya babak workshop pada Indonesian Idol season 4 yang dimenangkan oleh Rini Wulandari dan juga pada Indonesian Idol season 5, ditemukan begitu banyaknya kontestan yang mengucapkan kalimat yang identik ketika mereka mendapatkan penilaian buruk oleh para juri atas penampilan mereka.

Kalimat-kalimat seperti "Saya sudah berusaha.." atau "Apabila saya diberi kesempatan untuk minggu depan, saya akan ..." terucap dari bibir hampir seluruh kontestan.

Hal ini menimbulkan rumor tak sedap di kalangan pemirsa Indonesian Idol yang curiga bahwa apa yang terjadi pada ajang pencarian bakat ini telah diskenariokan.

Namun soal benar atau tidaknya rumor tersebut tidak pernah terjawab sampai saat ini.

Yang pasti, pada season-season berikutnya kalimat-kalimat atau gimik layaknya adegan pada sebuah sinetron seperti itu tidak pernah terdengar dan terlihat lagi.

4. Juri Terlama


fakta-indonesian-idol
Titi DJ
Kehadiran para juri pada Indonesian Idol memberikan daya tarik tersendiri yang luar biasa pada ajang pencarian bakat ini.

Tidak hanya para kontestan, namun seluruh pemirsa yang menyaksikan melalui layar televisi selalu menantikan komentar-komentar yang keluar dari mulut para dewan juri.

Ketika para kontestan mengharapkan komentar positif atau pujian terlontar atas performa mereka, pemirsa akan selalu memberikan sambutan hangat walaupun yang mereka dengar adalah komentar negatif dan kadang menyakitkan dari para juri.

Tercatat telah ada 12 nama selebriti negeri ini yang pernah duduk sebagai juri pada Indonesian Idol.

Mereka adalah Titi DJ, Anang Hermansyah, Ahmad Dhani, Tantri Kotak, Meuthia Kasim, Dimas Djayadiningrat, Indy Barends, Jamie Aditya, Indra Lesmana, Erwin Gutawa, Rossa dan Agnes Monica.

Diantara mereka Titi DJ merupakan juri dengan jam terbang terlama di Indonesian Idol. Tercatat diva yang satu ini hadir sejak season pertama hingga season 8 dengan hanya absen di season 6 dan 7.

Selain para juri tetap, Indonesian Idol kerap menghadirkan juri-juri tamu pada tiap season. Mereka yang tercatat pernah hadir sebagai juri tamu antara lain Krisdayanti, Yovie Widianto, Tika Panggabean, Melly Goeslaw, Charly Van Houten, Pasha, Armand Maulana, Rio Febrian, Melly Goeslaw, Nugie, Yovie Widianto, Hedy Yunus, Andien dan Nina Tamam.

3.  Perubahan Batasan Usia


fakta-indonesian-idol
Mike Mohede
Sejak pertama kali ditayangkan, batasan usia bagi kontestan Indonesian Idol telah berkali-kali mengalami perubahan.

Pada season pertama batasan usia yang berlaku adalah, minimal 18 tahun dan usia maksimal bagi kontestan adalah 25 tahun.

Sedangkan pada season 2 dimana Mike Mohede keluar sebagai pemenangnya, batasan usia bagi kontestan Indonesian Idol yang berlaku adalah, usia minimal 16 tahun sedangkan usia maksimal kontestan tetap 25 tahun.

Batasan usia ini bertahan pada Indonesian Idol season 3, dan season 4.

Pada season 5 batas usia maksimal kontestan dinaikan menjadi 29 tahun.

Namun pada season berikutnya, batas usia maksimal kontestan diturunkan menjadi 27 tahun.

Dan batasan usia minimal 16 tahun serta usia maksimal 27 tahun ini tetap berlaku sampai gelaran Indonesian Idol season 8 ditayangkan.

2. Tayang Bergantian dengan X Factor


fakta-indonesian-idol
Fatin Shidqia Lubis
Para penggemar setia Indonesian Idol tidak dapat menikmati tayangan ajang pencarian bakat ini setiap tahun. Karena pihak RCTI dan Freemantle media akan menayangkannya secara bergantian tiap tahun dengan acara serupa yaitu X Factor Indonesia.

X Factor Indonesia yang tayang pertama kali pada 2013 ini merupakan bagian dari franchise The X Factor yang dipelopori oleh Simon Cowell mantan juri pada ajang American Idol.

Ironisnya, The X Factor memang diciptakan di Inggris sana untuk menggantikan Pop Idol yang merupakan cikal bakal Indonesian Idol.

Pada season pertama X Factor Indonesia dimana Ahmad Dani juga tampil sebagai salah satu jurinya, terpilih Fatin Shidqia Lubis sebagai pemenang.

1. Nasib Indonesian Idol Tidak Banyak Berubah


fakta-indonesian-idol
Januarisman Runtuwene
Ini adalah fakta paling ironis dibalik gemerlap dan hingar bingar panggung Indonesian Idol.

Sejauh ini menjadi Indonesian Idol tidak membawa pengaruh signifikan pada kehidupan dan perjalanan karir para jawara.
Bisa dikatakan tidak ada pemenang kontes pencarian bakat ini yang menonjol karir dan prestasinya di industri musik tanah air.

Umumnya mereka hanya menikmati masa kejayaan ketika masih terikat kontrak dengan pihak manajemen yang memegang lisensi Indonesian Idol seperti RCTI, Freemantle Media dan Sony BMG.

Hal ini berbanding terbalik dengan para American Idol.

Lihat bagaimana Kelly Clarkson sang American Idol season 1 yang kini menjelma menjadi diva dunia dan telah mengantungi 3 Grammy Awards. Atau Carrie Underwood pemenang season 4 yang saat ini menikmati kegemilangan karirnya di dunia musik country yang ditandai dengan keberhasilannya menyabet 6 piala Grammy.

Bandingkan nasib mereka dengan Januarisman Runtuwene atau yang lebih dikenal dengan nama Aris Idol.

Pemenang Indonesian Idol season 5 yang sempat membuat Titi DJ menitikkan air mata ketika membawakan lagu milik ST12, Rasa Yang Tertinggal ini berharap jalan hidupnya bisa berubah lebih baik melalui ajang nan gemerlap ini.

Namun apa yang didapatnya?

Aris yang merintis karir sebagai pengamen jalanan di ibu kota itu kini namanya bak hilang ditelan bumi.

Kontrak rekaman dari pihak Sony BMG Indonesia juga telah diputus secara sepihak tanpa penjelasan ketika masih dalam proses rekaman.
Dan ayah satu anak yang putus sekolah karena tidak memiliki biaya ini tidak tahu harus menuntut apa.

Selain Jay Tobing yang berani memutuskan kontrak yang dirasa membelit dan menghambat karirnya, ada Mike Mohede yang sempat merekam 3 album dan Rini Wulandari yang cukup berhasil dengan album pertamanya.

Namun dimana mereka sekarang? Apa kabar Indonesian Idol yang lain seperti Ihsan Tarore pemenang season 3, atau Igo Penturry sang pemenang season 6?

Demikian 10 Fakta Menarik Dibalik Indonesian Idol versi Klub Sepuluh, harapan semoga saja sang pemenang Indonesian Idol season 7 Regina Ivanova dan Indonesian Idol-Indonesian Idol berikutnya memiliki nasib dan perjalanan karir yang jauh lebih baik dari para pendahulunya.

10 Fakta Menarik Dibalik Indonesian Idol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kunyah

0 comments:

Posting Komentar