Selamat Datang!

10 Hal Yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Otak

Sejalan dengan pertumbuhan usia, kinerja otak seseorang umumnya ikut menurun. Gejala seperti sering lupa, atau kesulitan untuk memikirkan pemecahan suatu masalah merupakan hal yang lajim dalam masa penurunan kinerja dari otak manusia.
Namun berdasarkan penelitian, kemampuan otak dapat dengan mudah ditingkatkan. Baik untuk sementara, misalnya ketika anda butuh otak anda bekerja pada kapasitas penuh saat mengerjakan sebuah proyek penting, atau yang memberikan dampak peningkatan kemampuan otak permanen.

Klub Sepuluh membeberkan 10 Hal Yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Otak anda dalam daftar berikut ini :

1. Minum Kopi


Mengkonsumsi kopi memang dapat menimbulkan kecanduan yang berimbas pada munculnya efek-efek negatif seperti insomnia dan gangguan pencernaan.

Namun berdasarkan hasil penelitian terbaru, dengan mengkonsumsi kopi seseorang dapat membantu seseorang untuk fokus pada pekerjaan atau masalah yang harus dipecahkannya dan meningkatkan semua indikator kecerdasan secara signifikan seperti logika dan reaksi.

Selain itu, kopi juga memberikan tambahan energi dan dapat membuat peminumnya awet muda.

2. Minumlah Sedikit Anggur



Manusia memiliki sejarah yang panjang dalam mengkonsumsi minuman beralkohol. Sejalan dengan waktu, kita telah menemukan banyak efek positif dan negatif dari alkohol.

Eksperimen terbaru para ilmuwan Norwegia menghasilkan kesimpulan bahwa orang yang secara teratur minum anggur rata-rata memperlihatkan kinerja yang lebih baik dalam tes fungsi kognitif dibandingkan mereka yang tidak pernah mengkonsumsinya. Ditemukan pula bahwa pola ini berdampak lebih signifikan pada wanita.

3. Mandi Sinar Matahari


Terpapar sinar matahari secara berlebihan memang berbahaya bagi kulit, tetapi jangan sepenuhnya menghindari sinar matahari - vitamin D berguna untuk otak. 

Para ilmuwan membuat percobaan pada beberapa relawan dan menemukan bahwa mereka yang gemar berjemur dibawah sinar matahari mampu menjawab soal-soal tes jauh lebih baik daripada relawan lainnya yang cenderung selalu menghindari sinar matahari, dimana ditemukan bahwa mereka kekurangan vitamin D. 

Seperti yang disarankan oleh beberapa peneliti, vitamin D memiliki kemampuan untuk memperlambat proses penuaan otak, jadi jika Anda bukan vampir, anda dengan mudah bisa me-recharge otak anda dengan sinar matahari. Tapi ingat, dalam semua harus dilakukan dalam kadar secukupnya, jika tidak, anda berada dalam risiko terbakar sinar matahari.

4. Biarkan Pikiran Anda Berkelana


Agar otak bekerja dengan tingkat efisiensi yang maksimum, umumnya kita berprinsip bahwa otak bekerja paling efektif ketika kita hanya fokus pada satu masalah saja untuk menemukan pemecahannya. 

Namun, ternyata dalam sebuah studi terbaru, kadang-kadang lebih baik jika anda benar-benar membebaskan pikiran dan berpikir tentang sesuatu yang abstrak. Perubahan kecil pada pemusatan pikiran akan memungkinkan otak anda dapat melakukan tugas-tugas yang memerlukan partisipasi memori dan meningkatkan kinerja pikiran secara keseluruhan.

Fokus secara konstan pada satu atau beberapa hal memperlambat proses pengolahan informasi dan memnimbulkan kelelahan otak.

5. Bicara pada Diri Sendiri


Umumnya, ketika seseorang mulai berbicara pada dirinya sendiri maka dia dianggap berpikir terlalu berat, mulai kehilangan akal sehat dan merupakan gejala stress akut.

Namun setelah mempelajari fenomena ini, para peneliti berkesimpulan bahwa berbicara kepada diri kita sendiri baik hanya di dalam pikiran atau sampai bersuara dengan keras dapat meningkatkan kecerdasan.

6. Menari


Para ilmuwan menganjurkan kita untuk jangan sampai terlambat mulai aktif menari secara rutin.

Ketika seseorang menari, otak dan tubuhnya bekerja dalam harmoni. Gerakan-gerakan dalam sebuah tarian membutuhkan koordinasi psikomotor yang presisi, dimana hal tersebut meningkatkan fokus dan berpengaruh positif terhadap orientasi spasial. Muara dari aktifitas ini jika dilakukan secara rutin adalah memungkinkan otak mengeluarkan solusi lebih cepat. Selain itu, belajar gerakan baru dalam sebuah tarian membuat otak kita melakukan proses berpikir yang lebih fleksibel.

Jadi jika anda ingin meningkatkan kemampuan otak anda, mulailah mengikuti kelas tari sesuai dengan minat anda.

7. Tingkatkan Kualitas Makanan


Seringkali kita berpikir dengan mengkonsumsi makanan yang dianggap dapat meningkatkan kemampuan otak sudah cukup. Namun inti permasalahannya bukan pada jenis atau jumlah makanan tersebut melainkan faktor kualitaslah yang memberikan dampak signifikan.

Mulailah memperhatikan dan tingkatkan kualitas dari makanan. Perlu diingat bahwa terpaku pada jenis makanan yang dapat meningkatkan kemampuan otak tidaklah tepat. Anda harus ingat bahwa kinerja otak tergantung pada kondisi tubuh secara keseluruhan. Jadi mengkonsumsi bahan makanan yang memberikan enerji dan daya tahan tubuh jauh lebih penting.

8. Main Tetris


Hasil menarik diperoleh oleh para ilmuwan yang mempelajari fungsi otak manusia selama bermain "Tetris". Sebuah sesi permainan pendek dapat meningkatkan jumlah materi abu-abu, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah untuk berpikir spasial, serta meningkatkan kinerja mental secara keseluruhan. 

Manfaat lain yang mengejutkan dari permainan komputer yang terkenal ini adalah dapat meminimalisir trauma. Ketika seseorang dalam kondisi stres saat berusaha mencocokan berbagai bentuk blok berwarna pada layar, ia dapat melupakan sugesti dan pikiran negatif dalam sekejap.

9. Olahraga

Telah menjadi kepercayaan umum bahwa binaragawan dan atlet tidak memiliki kemampuan intelektual tinggi, tetapi ternyata, bukan itu permasalahan sebenarnya. 

Aktifitas jasmani seperti berolahraga tentu saja tidak meningkatkan tingkat IQ, namun dapat meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kinerja tubuh secara keseluruhan, memungkinkan otak untuk bekerja lebih efisien.

Para peneliti telah menemukan bahwa olahraga secara empiris meningkatkan keterampilan kognitif pada anak-anak dan orang dewasa sekitar 10%.

10. Jangan Makan Sampai Kenyang

Jika anda ingin meningkatkan kemampuan otak untuk jangka panjang, mulailah atur diet anda secara hati-hati. Namun jika anda membutuhkan efek sesaat dan cepat, seperti ketika akan menghadapi sebuah tes, lebih baik untuk menahan diri dari makanan padat. 

Para peneliti dari sekolah kedokteran di Yale University, melakukan percobaan pada tikus. Mereka mendapati bahwa tikus yang lapar mampu melewati beberapa tes yang diujikan pada mereka dengan lebih baik daripada tikus yang kenyang. Hal ini dikarenakan ketika otak merasakan rasa lapar maka otak akan mengurangi data yang diprosesnya dan memberikan ruang yang lebih besar untuk memproses data lain yang anda butuhkan.

10 Hal Yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Otak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kunyah

0 comments:

Posting Komentar